Kamis, 09 Agustus 2018

NHW#1 : Adab Menuntut Ilmu

NICE HOMEWORK #1

ADAB MENUNTUT ILMU


Bunda dan calon bunda peserta Matrikulasi Ibu Profesional Batch #6, kini sampailah kita pada tahap menguatkan ilmu yang kita dapatkan kemarin, dalam bentuk tugas.

Tugas ini kita namakan NICE HOMEWORK dan disingkat menjadi NHW. 

Dalam materi "ADAB MENUNTUT ILMU" kali ini, NHW nya adalah sbb:

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan Anda tekuni di universitas kehidupan ini!

2. Alasan terkuat apa yang Anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut?

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan Anda rencanakan di bidang tersebut?

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang Anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?

_Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia._


Salam Ibu Profesional, 
Tim Matrikulasi Ibu Profesional


NHW#1_REZILIA RAHMA AUDRIA

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini?
Universitas kehidupan adalah dunia ini. Kita adalah mahasiswanya. Allah adalah Rektornya. Buku pelajaran berupa Ilmu teori bahkan rumus sudah terdapat dalam Al-Quran dan Sunnah. Jurusannya terbagi dari ilmu kehidupan dan ilmu kematian. Semua mahasiswa diwajibkan belajar untuk “lulus”. Ujian sudah pasti ada. Namun ujian tersebut pastilah sudah sesuai dengan kemampuan mahasiswanya. Tapi tingkat kesulitan ujian tidak lah sama. Tergantung kelas mahasiswa tersebut. Ada yang nilainya bagus, pas-pasan, jelek. Bahkan ada yang tidak lulus dan menyerah. Dalam Universitas kehidupan ini, saya menemui kegagalan terbesar dalam jurusan “parenting”. Menurut pandangan hidup saya, jurusan parenting penting untuk memulai kehidupan setiap insan. Ilmu parenting memandu setiap pribadi akan menjadi apakah dia. Akan seperti apa masa depannya. Dan ilmu parenting ini berpengaruh terhadap peradaban manusia. Melahirkan generasi seperti apa tergantung ilmu parentingnya. Saya sebagai seorang Ibu, jurusan yang akan saya ambil adalah jurusan parenting syariah. 

2. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut?
Bagi saya anak adalah amanah terbesar dalam hidup saya. Salah satu cara saya bisa mempersiapkan generasi terbaik adalah dengan memperbaiki kualitas saya sebagai sekolah utama bagi anak-anak saya. Saya menyadari betapa jauh saya dari kesempurnaan. Manusia memang tidak ada yang sempurna, maka ketidaksempurnaan lah yang membuat manusia merasa perlu menyempurnakan dirinya dengan belajar. Memperbaiki diri menjadi lebih baik dan lebih baik.. Terakhir, anak adalah tabungan dunia dan akhirat untuk orang tua  Ketika kita berhasil mendidik anak, dan mereka meneruskan didikan tersebut kepada anak cucunya kelak. Maka itu adalah prestasi terbesar karena kita telah menciptakan peradaban yang baik dengan mendidik generasi kita. Kesuksesan anak tidak hanya dalam hal materil, tetapi juga immateril berupa akhlak, kecerdasan, dan berbagai macam keahlian dan keterampilan lainnya. Dan ketika kita mampu mendidik anak menjadi anak yang shaleh, maka ia akan menjadi amalan yang tidak terputus hingga kapanpun. 

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
Tholibul ilmu "mencari ilmu" seperti mendatangi majlis ilmu, Mengikuti seminar, bergabung dengan komunitas parenting, membaca buku). Semua sudah dilakukan, tapi masih banyak ilmu yang belum didapati dan belum teraplikasi dengan baik. Sehingga strategi selanjutnya adalah saya harus berubah menjadi pribadi yang lebih konsisten. Karena jujur berubah dari pribadi yang moody masih sulit untuk saya rubah. Tapi dengan bergabung dengan IIP, saya menemukan semangat baru. Dimana moody saya berkurang karena berjumpa dan berdiskusi dengan para ibu hebat setiap harinya. Pagi, siang dan malam. Jadi bagaimana saya bisa mengeluh dan kurang semangat lagi? Semoga dengan ruang lingkup saya yang seperti ini dapat merubah kebiasaan moody saya. Selalu semangat dan berfikir positif. Semoga Allah meridhoi dan memberikan kelancaran. 

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.
1.Mantapkan tujuan
2.Selalu bersemangat
3.Hilangkan sikap moody

4.Merendahkan diri dan menjadi pendengar yang baik saat mencari ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NHW #2 : CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN

* NICE HOME WORK # 2 *  Bunda, setelah pemahaman awal menjadi Ibu Profesional, Kebanggaan Keluarga. Pekan ini kita akan diajarkan membu...